Friday 12 September 2014

Pizza Cookies

Kami sekeluarga adalah "pizzaholic" dan "cheese lover" khususnya saya, hehe... Makan pizza bagaikan "mood booster" bagi saya. Saat suasana sedih atau galau pun dapat langsung berubah menjadi bahagia jika saya makan pizza. Itu pun berlaku kalau pizza-nya ada yang ngasih, tapi "mood booster" itu akan kurang bereaksi dengan baik jika pizza-nya beli sendiri. Hihihi... (dasar nggak mau rugi)

Kebetulan saya menemukan resep kukis ini di buku resep koleksi saya. Apalagi kukis ini pake keju, makin bikin penasaran aja saya. Daripada penasaran mending saya langsung eksekusi saja dan hasilnya seperti ini deh. Lumayanlah sebagai pelipur lara saat tak menemukan "pizza" yang sebenarnya. :)



Berikut ini adalah resepnya tapi saya modifikasi sedikit. Seperti keju edam saya kombinasikan dengan cheddar dan parmesan, masing-masing 50 gram. Karena meskipun saya suka keju, saya nggak begitu suka yang terlalu asin.


Pizza Cookies
Source: Sedap - Ragam Kue Kering Kreatif

Bahan:
150 gram     mentega asin
100 gram     margarin
1/4 sdt         garam
2 butir          kuning telur
25 ml           krim kental (saya tidak pakai)
150 gram     keju edam (saya: edam+parmesan+cheddar) parut kasar
300 gram     tepung terigu protein sedang
25 gram       maizena
25 gram       susu bubuk
1/2 sdt         baking powder
1 sdt            oregano

Bahan Olesan:
3 kuning telur
1 1/2 sdt krim kental (saya ganti dengan susu cair)

Bahan Taburan:
1/2 sdm bubuk kentang rasa pizza siap pakai
1/2 sdm keju parmesan
(Saya tambahkan oregano secukupnya)

Cara Membuat:
1. Kocok mentega asin, margarin, dan garam 1 menit sampai lembut. Masukkan kuning telur dan krim kental. Kocok rata.
2. Masukkan keju edam. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan oregano, aduk rata.
4. Giling tipis adonan. Cetak bentuk bulat polos diameter 4 cm (saya pakai cookie cutter segitiga). Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin.
5. Kerat atasnya 6 bagian. Oven dengan api bawah suhu 130 derajat celcius 20 menit sampai matang. Keluarkan.
6. Oleskan bahan olesan. Taburkan bahan taburan.
7. Oven lagi dengan api bawah suhu 140 derajat celcius 30 menit sampai matang.