Friday 12 September 2014

Cherry Choco Chip

Saya nemuin resep ini setelah "blog walking" di blog-nya Mbak Anne. Kayaknya enak juga nih resep choco chip yang satu ini. Makasih ya Mbak Anne udah ngintip resepnya. Kebetulan saya juga butuh cookies untuk nambahin suvenir aqiqah ponakan saya. Akhirnya saya bikin deh kukis ini.

Kukis ini renyah dan kerasa manis khas gula palemnya. Agak berat karena adonan dicampur cherry dan choco chip. Nah kalau kegigit pas cherry-nya, tekstur chewy nya kerasa. Terus kalau di foto kurang kelihatan sih cherry nya, tapi choco chipnya yang pada melototin. hehe...


Dua foto di atas adalah penampakan cookies souvenir yang saya bikin. Paper bag-nya sengaja saya bikin sendiri alias handmade. Bikin 100 pcs, lumayan jari jadi keriting. Nah, kukis-kukis yang saya buat, kemudian saya masukkan ke dalam paper bag tersebut. So cute kaan? hehe...

Berhubung namanya Antariksa, jadi saya cari gambar yang sesuai yaitu luar angkasa. Biar tambah manis, saya kasih pita di atasnya yang berfungsi sebagai pengikat kertas yang terlipat biar nggak terbuka.

Alhamdulillah kakak saya suka... Ini itung-itung kado spesial untuk ponakan tersayang dari Anti Isma... Semoga jadi anak yang sholeh ya nak :)


Cherry Chocolate Chips
Source : Buku ‘Variasi Olahan Chocolate Chips’ oleh Ambarini

Bahan :
125 gr mentega tawar
75 gr brown sugar
75 gr gula kastor
1 btr telur
½ sdt garam
1 sdt esens vanili
150 gr cherry merah, potong-potong
150 gr dark chocolate chips

Ayak :
200 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt soda kue

Cara :
Panaskan oven hingga bersuhu 150 ยบ C. Siapkan loyang datar kue kering, oleskan dengan margarine.
Campur mentega, brown sugar, gula kastor, telur, garam, dan vanili, kocok hingga lembut. Masukkan ayakan terigu dan soda kue, aduk rata dengan garpu. Masukkan cherry dan dark chocolate chips, aduk rata.
Ambil 1 sdm adonan atau dengan menggunakan scoop ice cream ukuran kecil. Tempatkan adonan di atas loyang, beri jarak 3 cm.
Panggang dalam oven selama 20 menit hingga matang dan bagian tepinya agak kecoklatan, angkat dan dinginkan.
Segera masukkan ke dalam wadah kedap udara.


No comments:

Post a Comment

Silakan beri komen...